Sabtu, 21 Januari 2012

PENTINGNYA PERJAMUAN

Matius 26:26-29

26:26 Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku."
26:27 Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini.
26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.
26:29 Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku."
Kalau kita melihat sikon pada saat itu, Tuhan Yesus sebelum di tangkap, Dia mengadakan suatu perjamuan dengan para muridNya. Tuhan berkata bahwa “ cawan “ itu benar-benar darah Tuhan Yesus yang merupakan b darah perjanjian, Bagi banyak orang. Artinya bahwa semua orang layak medapatkan darah Tuhan (perjamuan) bukan hanya mereka yang sudah termasuk anggota sidi jemaat. Atau apakah mereka yang belum menjadi anggota sidi jemaat itu bukan orang (manusia)??. Demikian juga dengan roti mari kita lihat ayat berikut:
Yohanes 6:47-58
6:47 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal.
6:48 Akulah roti hidup.
6:49 Nenek moyangmu telah makan manna di padang gurun dan mereka telah mati.
6:50 Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati.
6:51 Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."
6:52 Orang-orang Yahudi bertengkar antara sesama mereka dan berkata: "Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan."
6:53 Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu.
6:54 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.
6:55 Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman.
6:56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.
6:57 Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku.
6:58 Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya."
Bukankah sangat jelas dikatakan bahwa daging Tuhan Yesus adalah benar-benar makanan yang dapat memberi hidup yang kekal?. Dan darahNya benar-benar minuman!. Perhatikan ayat 54-56.
Mengapa darah Yesus di sebut sebagai perjanjian yang baru? Perhatikan ayat berikut:
Keluaran 24 :6-8
24:6 Sesudah itu Musa mengambil sebagian dari darah itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu, sebagian lagi dari darah itu disiramkannya pada mezbah itu.
24:7 Diambilnyalah kitab perjanjian itu, lalu dibacakannya dengan didengar oleh bangsa itu dan mereka berkata: "Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan."
24:8 Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: "Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini."
Bandingkan dengan:
Ibrani 12:23-25
12:23 dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna,
12:24 dan kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru, dan kepada darah pemercikan, yang berbicara lebih kuat dari pada darah Habel.
12:25 Jagalah supaya kamu jangan menolak Dia, yang berfirman. Sebab jikalau mereka, yang menolak Dia yang menyampaikan firman Allah di bumi, tidak luput, apa lagi kita, jika kita berpaling dari Dia yang berbicara dari sorga?
Arinya yang dulu pernah tertulis di perjanjian lama ,itu masih berlaku sampai sekarang. Karena apa yang terjadi pada perjanjian lama merupakan gambaran dari perjanjian baru.
1korintus 5:5-8
5:5 orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada Iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan.
5:6 Kemegahanmu tidak baik. Tidak tahukah kamu, bahwa sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan?
5:7 Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.
5:8 Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran.
Artinya “ ragi lama “ merupakan perbuatan lama(jahat) yang harus kita tinggalkan ,supaya kita dapat menikmati Roti yang tak beragi yaitu Kristus, guna sebagai sarana untuk pesta di sorga
1 korintus 11:25-30
11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!"
11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.
11:27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.
11:28 Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu.
11:29 Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.
11:30 Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.
Bukankah amat sangat jelas di katakan bawha cawan dan Roti perjamuan benar-benar tubuh dan darah Yesus. Sedikit yang ingin saya sampaikan kepada kita selaku orang kristen sekali-kali jangan kita katakan bahwa anggur dan roti perjamuan itu sebagai tanda,.! Ingatlah ayat ini dan ayat sebelumnya bukankah itu sangat jelas?. Saya lebih suka kalau seorang kristen mengerti akan perintah Tuhan tentang perjamuan itu melalui pembelajaran dari Alkitab bukan dari doktrin gereja.
Kolose 1:20-22
1:20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.
1:21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat,
1:22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.
Artinya Allah mendamaikan kita lewat Darah Yesus.  Dan membuat kita kudus dan tak bercacat dihadapanNya.
Lihat juga:
1 petrus 1:19
1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
Wahyu 5:6-9
5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.
5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.
5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.
5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.
Bandingan dengan :
Ibrani 10:7
10:7 Lalu Aku berkata: Sungguh, Aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang Aku untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku."
Ini merupakan suatu penjelasan dari keluaran 24 tadi dan ibrani 12 diatas. Yang mana Anak Domba Seperti yang Di Sembelih yaitu Kristus, Dialah yang layak menerima Gulungan Kitab Kehidupan dan hanya Dialah yang layak untuk membuka semua meterainya. Itulah mengapa pentingnya agar kita selalu menyatu dengan Darah Yesus.supaya kita tetap di dalam Dia dan Dia di dalam kita. Sebab Hanya Dia yang layak menerima Kitab Kehidupan.
Wahyu 6:6
6:6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."
Artinya ketika kita menyatu dengan Aggur (Darah Yesus) yang merupakan perjanjian hidup yang baru dan yang kekal, kita TIDAK DIRUSAKKAN. Amin.

ayat-ayat tentang pentingnya Minyak dan Tubuh,serta Darah Yesus:
·                     Hakim-hakim 9:9
·                     Pengkotbah 9:7-8
·                     Mikha 6:6
·                     Markus 6:12-13
·                     Matius 26:26-29
·                     Lukas 10:34
·                     Lukas 24:30
·                     Yohanes 6:25-58
·                     Yohanes 12:1-8
·                     Kisah rasul 2:41
·                     Yakobus 5:14-15
·                     1 petrus 2:24
·                     Wahyu 6:6
Nb “ maaf kalau ada kata yang menyinggung atau
Terlalu keras penekanannya, sebab saya melihat
Di dunia sekarang orang kalau gak di bilangin secara tegas, mereka hanya
Akan menganggap itu sebagai hal yang sepele. Apa lagi di kalangan anak muda,
Sebab saya sendiri adalah seorang Muda yang belum terlalu bisa untuk menjaga emosi.”
Semoga dengan ini kita
Selaku umat yang percaya kepada Tuhan,dan yang mengharapkan akan
Kedatangannya untuk kali yang kedua, kita semakin di kuatkan akan pengaharapan
Yang sedang kita kerjakan lewat kuasa darah Anak Domba yang memberi hidup kekal.
TUHAN YESUS MEMBERATI.

0 komentar:

Posting Komentar