Jumat, 20 Januari 2012

DOSA YANG TIDAK MENDATANGKAN MAUT

Ada -dua ayat ini bikin saya bingung di Yohanes 5:16-17

Pertanyaannya:
Apa sih yang dimaksudkan dengan:
1. Dosa yang tidak mendatangkan maut, dan
2. Dosa yang mendatangkan maut
di kedua ayat ini?

God bless!



JAWAB :


1 Yohanes 5:16-17
5:16 LAI TB, Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.
KJV, If any man see his brother sin a sin which is not unto death, he shall ask, and he shall give him life for them that sin not unto death. There is a sin unto death: I do not say that he shall pray for it.
TR, εαν τις ιδη τον αδελφον αυτου αμαρτανοντα αμαρτιαν μη προς θανατον αιτησει και δωσει αυτω ζωην τοις αμαρτανουσιν μη προς θανατον εστιν αμαρτια προς θανατον ου περι εκεινης λεγω ινα ερωτηση Translit, ean tis idê ton adelphon autou hamartanonta hamartian mê pros thanaton aitêsei kai dôsei autô zôên tois amartanousin mê pros thanaton estin hamartia pros thanaton ou peri ekeinês legô ina erôtêsê

5:17 LAI TB, Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.
KJV, All unrighteousness is sin: and there is a sin not unto death.
TR, πασα αδικια αμαρτια εστιν και εστιν αμαρτια ου προς θανατον Translit, pasa adikia hamartia estin kai estin hamartia ou pros thanaton


Sebelum menjawab pokok pertanyaan, agaknya ayat diatas "kontradiksi" dengan Roma 6:23a


* Roma 6:23a
Sebab upah dosa ialah maut;



Memang upah dosa itu maut, dan pasti maut jikalau seseorang tidak menyambut tawaran keselamatan di dalam Yesus Kristus, sekarang kita baca lebih lengkap Roma 6:23 sbb :


* Roma 6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.



Roma 6:23 mengkontraskan "maut" vs "hidup kekal", hidup kekal terjadi karena dosa manusia terhapus oleh karya Tuhan Yesus Kristus di kayu salib. Didalamnya dapat kita tarik pengertian : Meski berdosa yang mendatangkan maut oleh karena iman kepada Kristus maut ini tergantikan dengan hidup yang kekal.

-----


Nah apa yang dimaksud dengan "dosa yang tidak mendatangkan maut" dalam 1 Yohanes 5:16-17. Apalagi Rasul Yohanes dalam ayat-ayat diatas tidak memerincikan apa itu "dosa yang tidak mendatangkan maut". Namun hal tersebut dapat kita mengerti kalau kita sudah paham apa yang dimaksud Tuhan Yesus Kristus dalam ayat ini :


* Matius 12 : 31-32
12:31 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.
12:32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.


Inilah dosa yang tak terampuni yaitu hujat terhadap Roh Kudus.
Hujat/dosa terhadap Roh Kudus ini, tidak ada pengampunannya, inilah dosa yang pasti mendatangkan maut (kematian kekal) karena tidak ada pengampunannya.

Semua kejahatan adalah dosa : mencuri, berzinah, sombong, membunuh, berdusta, membenci, iri-hati, dendam, dll. itu semuanya adalah dosa dan mempunyai konsekwensi yaitu "hukuman Allah". Karena Allah tidak berkenan kepada dosa-dosa itu, namun terhadap dosa yang type-type ini Ia masih memberikan kesempatan pengampunan bagi para pelanggarnya. Bahkan dengan kemurahanNya ia akan senantiasa memberikan pengampunan.

Ketika orang berbuat dosa-dosa yang ini, ia masih bisa diampuni apabila ia bertobat. Pengampunan inilah yang memberikan "cap/ titel" bahwa dosa-dosa ini bukan dosa yang mendatangkan maut (kematian kekal).

Maka, dengan ini kita mengerti dosa yang tidak mendatangkan maut (alias yang bisa diampuni) adalah dosa-dosa lain yang diluar hujat terhadap Roh Kudus.
Tetapi hal ini tentu saja mempunyai batasan, yaitu apabila ia mau bertobat membuka diri kembali kepada jalan Allah.


-----


Rasul Yohanes memahami, seorang yang telah menerima Kristus, mengakuiNya sebagai Tuhan dan Juruselamat, dosa-dosanya masa lalu diampuni, namun sebagai manusia yang masih hidup di dunia, ia masih bisa saja jatuh ke dalam dosa. Untuk itu ia menasehati agar kita saling mendoakan apabila kita mendapati saudara kita jatuh dalam dosa (dosa-diluar hujat kepada Roh Kudus, sebab tidak ada gunanya mendoakan orang yang berdosa hujat terhadap Roh Kudus).

Doa ini sangat efektif sebab setiap kita memang harus saling mendukung agar kita bersama-sama hari demi hari menjadi lebih sempurna didalam Kristus.

Semoga penjelasan ini tidak mengecewakan.



Blessings,

0 komentar:

Posting Komentar