Jumat, 04 November 2011

Kristen yang terhilang dan Kristen KTP?

Salam sejahtera bagi kamu
Tahukah anda bahwa di Sulawesi Utara masih banyak orang Kristen yang terhilang dan Kristen KTP?
Dahulu, Tuhan Yesus berpesan kepada murid-muridnya di dalam MATIUS 10: 6, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.
• Jaman sekarang, siapakah domba-domba yang hilang itu?
- Mereka ialah orang-orang yang KTPnya Kristen, lahir dalam keluarga Kristen, sejak lahir agamanya sudah Kristen tetapi masih hidup di dalam dosa. Mereka masih suka mabuk-mabuk, selingkuh, cabul, maki-maki, gossip, dusta, percaya takhayul, 
teikat jimat-jimat, percaya dukun, penyembah berhala, masih suka mengandalkan kekuatan dan pikiran sendiri, dan masih terikat berbagai dosa lainnya.
• Bagaimana bisa mereka sampai terhilang?
- Mungkin para pemimpin denominasi gereja-gereja lokal sedikit mengabaikan atau “malas” mencari domba-domba yang hilang itu.
- Mungkin ajaran tentang kekudusan, pertobatan dan persekutuan di dalam Tuhan tidak diperhatikan dan diajarkan dengan giat oleh para pemimpin dedominasi-denominasi gereja lokal.
- Mungkin ajaran mereka kurang bergizi sehingga domba-domba tidak merasa kenyang dan mencari makanan dalam bentuk kesenangan duniawi.
- Mungkin mereka terlalu fokus dalam pembangunan gedung gereja dan pastori namun mengabaikan pembangunan rohani jemaat.
- Mungkin tujuan utama mereka hanya untuk membesarkan denominasi gereja mereka sendiri tetapi melupakan perintah Tuhan Yesus.
- Mungkin mereka terlalu sibuk dengan lomba-lomba, merayakan event-event gereja tetapi kurang memperhatikan perintah Tuhan Yesus.
Ingat! Tuhan Yesus perintahkan kepada murid-muridnya untuk mencari yang terhilang dan menjadikan semua bangsa murid-Nya.
• Apakah masih ada murid-murid Tuhan Yesus di jaman sekarang yang peduli untuk mencari domba-domba yang hilang khususnya di Sulawesi Utara?
- Puji Tuhan masih ada yang peduli.
Ingat! Tuhan Yesus ingin kita menjadi garam dunia dan terang dunia yang harus terus bermanfaat dan memberi terang kepada orang lain.
Ada beberapa denominasi gereja yang sangat peduli untuk mencari domba-domba yang hilang, dan sekarang mereka juga telah membuka tempat-tempat ibadah Sulawesi Utara. Banyak domba-domba yang hilang mereka cari, temukan dan tuntun ke Jalan Yang Benar, dan merasa kenyang oleh mereka. Tetapi anehnya ada denominasi gereja lokal yang lama terlihat merasa tersaingi sehingga berkesan “iri hati” kepada denominasi gereja yang giat mencari domba-domba yang hilang itu.
Pemimpin mereka menakut-nakuti dan mengucilkan jemaat yang turut beribadah di dalam denominasi-denominasi gereja yang baru, padahal Tuhan Yesus tidak pernah melarang orang beribadah kepada¬-Nya. Jemaat diajarkan tidak akan menerima keselamatan jika pindah denominasi gereja, padahal keselamatan hanya kasih karunia dari Kristus kepada orang yang percaya kepada-Nya. Bahkan ada yang menjelek-jelekkan denominasi gereja yang peduli mencari domba-domba yang hilang itu. Padahal Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk tidak saling melawan. Manakah yang benar? Berbakti kepada Tuhan atau berbakti kepada denominasi gereja? Takut akan Tuhan atau takut kepada denominasi gereja? Anda pasti sudah tahu jawabannya.

Ingat! Lukas 9: 50, Yesus berkata kepadanya: “Jangan kamu cegah sebab barangsiapa tidak melawan kamu, ia ada di pihak kamu.” Markus 9: 40, Barang siapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.
Ingat! Kita sebagai jemaat adalah milik Tuhan, dan bukan milik salah satu denominasi gereja.

• Mengapa denominasi gereja lokal yang lama merasa tersaingi dan menentang denominasi gereja yang peduli mencari domba-domba yang hilang itu?
- Mungkin iri hati karena kalah kualitas.
- Mungkin karena mereka masih berpatokan kepada dogma gereja.
- Mungkin mereka takut jemaatnya berkurang. Padahal jemaat ialah milik Tuhan, dan bukan milik salah satu denominasi gereja.
Ingat! Bukankah kita hanya perlu melakukan perintah Tuhan, dan bukan berpatokan kepada dogma gereja yang sebenarnya Tuhan tidak berkenan!
Ingat! Tuhan Yesus ajarkan di dalam Matius 15: 9, percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.
Jadi, marilah kita beribadah sesuai dengan apa yang Tuhan Yesus ajarkan dan perintahkan, serta mengajarkan kepada orang-orang apa yang sebenarnya Tuhan Yesus ajarkan dan perintahkan. Jangan berpatokan pada dogma gereja! Jangan takut untuk mencari kebenaran.
Jika ada yang merasa tersinggung, marah, ataupun tertuduh, “puji Tuhan”, karna saya percaya anda sedang dinasehati oleh Firman Tuhan yang akan menyadarkan anda.
1 Tesalonika 5: 21, Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.
1 Timotius 6: 12a, Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal.
1 Petrus 5: 2, Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.
2 Timotius 4: 2, Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasehatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.
Hargailah anugerah keselamatan yang Tuhan Yesus berikan dengan melakukan perintah-perintah-Nya.
Marilah kita menjadi Kristen yang benar-benar murid Kristus, mengutamakan ajaran Kristus dan bukan dogma, carilah domba-domba yang hilang!
Tuhan Yesus Kristus memberkatimu

0 komentar:

Posting Komentar