Senin, 21 November 2011

Membangun Manusia Rohani

Membangun Manusia Rohani
(2 Korintus 4:16)
Kualitas manusia jasmani kita yaitu kesehatan, kekuatan, panca indra dan lain-lain akan terus menurun dari waktu ke waktu walaupun kita rajin berolah-raga. Tetapi manusia rohani kita bisa semakin besar dan kuat. Dalam Efesus 1:2 dituliskan bahwa Bapa sudah menyediakan segala berkat rohani bagi kita. Karena berkat yang sudah disediakan adalah berkat rohani, maka manusia jasmani tidak akan bisa mengaksesnya. Manusia rohanilah yang bisa mengakses semua berkat yang sudah disediakan oleh Bapa bagi kita.

Dalam Yohanes 6:25-26 diceritakan Yesus yang menegur orang-orang yang mencari Dia karena mereka sudah kenyang. Karena itu jangan ikut Tuhan karena kita mau kenyang secara jasmani.
Ada empat alasan mengapa kita harus membangun manusia rohani kita:
1. Allah adalah Roh (1 Korintus 2:10)
Karena Allah adalah Roh maka hanya manusia rohani yang bisa mengenali Dia. Allah adalah suatu Pribadi maka kita harus menghormati Dia dengan sungguh-sungguh dan tidak menyinggung Dia dengan perbuatan-perbuatan kita yang tidak berkenan.
2. Agar kita bisa tahu apa yang dikaruniakan Allah (1 Korintus 2:12)
3. Manusia roh yang lemah tidak bisa menerima berkat Allah (1 Korintus 2:14)
Berkat Tuhan akan terus dicurahkan atas kita dan jika manusia roh kita hanya sebesar gelas maka sebanyak itulah berkat yang kita terima. Latih manusia roh kita agar bertumbuh sehingga semakin banyak pula berkat yang bisa kita terima. Latih manusia rohani kita dengan pengenalan akan Allah. Salah satu contoh adalah ketika seorang janda menuang minyak ke bejana-bejana, karena begitu bejana habis maka berhentilah minyak mengalir.
4. Memampukan kita memiliki sesuatu (1 Korintus 2:15)
Ketika manusia roh kita sudah kuat, kita tidak perlu tanda-tanda dari Allah karena manusia roh yang tajam akan tahu suara dan kehendah Bapa dalam hidupnya.
Tokoh di Alkitab yang manusia rohaninya tidak pertumbuh atau menjadi dewasa adalah Gideon dan Simson karena mereka selalu minta tanda dari Tuhan. Sedangkan salah satu tokoh Alkitab yang mengalami pertumbuhan manusia rohani adalah Petrus.
Mari kita miliki pikiran Kristus agar kita bisa bertumbuh dalam iman. Ada tiga tahapan yaitu baik, berkenan dan sempurna. Dan berusahalah untuk mencapai kesempurnaan di dalam Bapa. Amin.
Tuhan Yesus memberkati.

0 komentar:

Posting Komentar