Senin, 21 November 2011

BAPTISAN YANG BENAR MENURUT ALKITAB

BAPTISAN YANG BENAR MENURUT ALKITAB


Di dalam Alkitab, diberikan contoh baptisan yang benar, karena ini adalah satu lambang yang tidak boleh salah arti/maksudnya.
 
Mengapa baptisan itu penting?
 
Tidak ada kalimat yang lebih jelas dari ayat Markus 16:16 “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak peracaya akan dihukum.”. Jadi baptisan berhubungan dengan keselamatan. Jika seorang ingin selamat, harus menerima baptisan.Ada berapa baptisan menurut Alkitab?
 

“Satu Tuhan, satu iman, satu baptisan.”(Efesus 4:5). Bentuk-bentuk lainnya adalah tidak sah, karena hanya ada satu baptisan yang sah dan diajarkan dalam Alkitab.
 
Bagaimana cara Yesus dibaptis?
 
Dalam Markus 1:9,10 menjelaskan bahwa Yesus dibaptis dengan cara diselamkan. Kata baptis sendiri diambil dari bahasa Yunani baptizo artinya membenamkan atau menyelamkan ke bawah permukaan air.
 
Apa yang harus dilakukan sebelum menerima baptisan?

1. Mencari tahu perintah Tuhan (10 Hukum) (Matius 28:19,20)
2. Percaya kebenaran Firman Tuhan (Markus 16:16)
3. Bertobat dan meninggalkan dosa-dosa dan mengalami kelahiran baru. (Kisah Para Rasul 2:38)
 
Apa makna baptisan yang sesungguhnya?

6:4-- Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
6:5 --Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.
6:6-- Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.
(Roma 6:4-6


  
Ada Juga Pertanyaan yang saya akan coba menjawab sesuai dengan isi Firman Tuhan (Alkitab)




Soal:

Pertanyaan disini apakah baptis itu di percik atau di selam atau lainnya?





Jawaban:



Jawabnya adalah baptis itu di selam. kenapa dalam bahasa greek atau kita sering bilang yunani artinya Baptizo, kalau kita yunani sana pasti kalau mereka bilang baptizo maka merekah mandi basah semua bukan basah setengah-setenga. karena di alkitab ditulis dalam:

Efesus 4

4:5 satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,



Pasti kita berpikir-pikir di alkitab tulis cuma ada satu baptisan apakah baptisan yang benar menurut alkitab. Ada 3 ciri-ciri baptisan yang benar:







1.Matius 3

3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu

juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,



Sesudah keluar dari air apakah Yesus hanya setengah-setengah di baptis atau percik pasti tidakan karena setiap orang mau keluar harus dari dalam dulu, umpamahnaya Yesus keluar dari air pasti Yesus dari dalam air.





2.Markus 1

1:9 Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes.



ini lagi Yesus di baptis di sungai yordan apakah di tempat yang sedikit airnya pasti tidakan, apakah kita cuma bawah air sedikit tidak kan.





3.Kisa 8:36 Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?"

Kisa 8:37 [Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah."]

Kisa 8:38 Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia.



Turun ke dalam air apakah cuma memerlukan air sedikit pasti tidak.





Karena baptisan itu cuma ada satu saja

Efesus 4

4:5 satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,

Cukup Jelaskan,Baptisan Yang benar Yang mana??


N.B :

Secara konseptual,
"ραντιζω - rhantizô" adalah melempar, menabur, menghambur, menyiram secara langsung sesuatu (air, darah, abu, pasir, dan sebagainya) dalam jumlah kecil pada suatu permukaan, dari "sini" ke "sana".

Dalam bahasa Inggris,
"ραντιζω - rhantizô" to sprinkle liquid or other things on something. (A Greek-English lexicon of the New Tstament and other early Christian Literature/revised and edited by Frederich William Danker, © 2000 The University of Chicago). Kata "ραντιζω - rhantizô" inilah yang diterjemahkan "percik" dalam Alkitab bahasa Indonesia.



Lebih lengkap klik di sini.


2 komentar:

  1. Saya simpulkan bapak menyatakan bahwa batisan selamlah yang sesuai/ benar. Yg lain tidak. Tunggu dulu pak. Tidak ada guna dibabtis bila tidak masuk sorha bukan. Satu orang dari dua penjahat yang disalibkan bersama Tuhan Jesus, juga tdk dibabtis tapi kata Tuhan Jesus mulai sekarang engkau bersama dengan saya diparadiso. Dlm PL orang Israel juga dikatakan dibabtis dalam awan. Gimana om hanya ini yg saya tau.

    BalasHapus
  2. Otak anda harus bijaksana memahami firman Tuhan, di alkitab sudah jelas d katakan di baptis dan percaya masuk sorga. Baptiasan salah satu jalan ke sorga. Sekarang anda ingin tahu penjahat yg di sebelah Yesus di salib kenapa bisa masuk sorga tapi tidak d baptis bukan? Untuk memahami alkitab anda tidak cukup membaca saja, bagaimana mungkin dia d baptis lagi dalam keadaan disalib, supaya masuk sorga. Ga mungkin kan semua orang mesti d salib dulu trus bertobat bisa masuk sorga. Segala sesuatu ada pemahaman yg bisa d jelaskan dalam berbagai situasi.

    BalasHapus